Poster Reminder

Saya dan Pameran Foto Kelas Inspirasi Jakarta 2015

Bogor, 20 November 2015

“Salah satu bentuk kebahagiaan kecil di zaman serba digital adalah saat karya fotomu dicetak apalagi di pajang di keramaian” (Saya, 2015)

Alhamdulillah saya merasakan kebahagiaan itu. Beberapa hari lalu, tepatnya 13-15 November 2015 karya saya di pajang di FX Mall  di bilangan Sudirman dalam kegiatan Pameran Foto Kelas Inspirasi Jakarta sekaligus ikut nimbrung di divisi Acara. Teringat sekali saat pertama kali saya ke FX Mall pada tahun 2010, lima tahun yang lalu, saat itu saya bersama teman asrama saya, Pratiwi Hamzah, dari Bogor ingin menghadiri pameran dan workshop fotografi yang diadakan di FX Mall (lebih tepatnya saya yang memaksa tiwi untuk menemani saya ke acara tersebut). Berkejaran dengan waktu dan naik kereta Bogor-Jakarta yang pada waktu itu keretanya tidak berpintu, tidak ber-AC, masih ada yang naik di atas atap gerbong kereta, pokoknya kondisinya tak senyaman sekarang. Bertanya ke penumpang transjakarta bagaimana rute menuju FX Mall. Namun sayangnya kami terlambat, acara sudah selesai, kami akhirnya hanya jalan dan berfoto di dekat Gelora Bung Karno (GBK) yang tidak jauh dari FX Mall. Karena sudah sore juga, setelah itu kami langsung pulang ke Bogor. Dan lima tahun kemudian, tahun ini, tahun 2015, karya saya di pajang disana. Skenario Allah memang indah. Semoga pesan dari gambar yang saya dan teman-teman relawan dokumentator abadikan di Hari Inspirasi Kelas Inspirasi Jakarta 4 (KIJKT4) pada hari Rabu, 9 September 2015 dapat tersampaikan kepada seluruh pengunjung dan dapat terima pesan semangatnya. Semoga dapat memberikan inspirasi sehingga semakin banyak lagi yang mau ikut menginspirasi di Kelas Inspirasi.

Kelas Inspirasi Jakarta 4 (http://kelasinspirasijakarta.org) melibatkan 188 relawan fotografer yang tersebar di 71 Sekolah Dasar di Jakarta pada Hari Inspirasi ini menghasilkan 5200 foto. (Seluruh hasil foto dapat dilihat di https://www.kelasinspirasi.org/?page=galeri ) . Dari ribuan foto itu dilakukan kurasi atau pemilihan foto oleh kurator yaitu (om) Arbain Rambey, yaitu fotografer senior Harian Kompas. Terpilihlah  30 buah foto terpilih dan 4 rangkaian foto essai yang dipameran dalam Pameran Foto ini hasil karya 30 fotografer Terpilih yang tidak semuanya berprofesi sebagai fotografer (Profil para fotografer terpilih bisa dilihat di akun resmi Instagram Kelas Inspirasi Jakarta https://www.instagram.com/p/9yJ4HBDUWd/).

Pameran Foto ini di Jakarta baru pertama kali diadakan walau Kelas Inspirasinya sendiri  sudah 4 kali terlaksana sejak tahun 2012 di Jakarta. Kelas Inspirasi Jakarta (KIJKT) bisa dikatakan sebagai pioner Kelas Inspirasi yang akhirnya menyebar ke 199 kota di Indonesia yang diselenggarakan oleh ribuan relawan. Kelas Inspirasi (http://kelasinspirasiorg) adalah sebuah gerakan yang dilakukan para profesional menyumbangkan cuti 1 hari untuk turun ke Sekolah Dasar (SD) untuk menceritakan mengenai profesi mereka dan menularkan semangat untuk meraih cita-cita, memberi inspirasi. Mereka merelakan 1 hari untuk cuti kerja, terjun dan turun tangan di Kelas Inspirasi. Oleh karena itu salah satu hastag yang diusung dalam pameran foto kelas inspirasi jakarta adalah #PahlawanSehari. Bertepatan pula dengan hari pahlawan yang jatuh beberapa hari sebelum pelaksanaan pameran foto. Pameran foto Kelas Inspirasi jakarta diadakan sebagai bentuk apresiasi  seluruh relawan, inspirator, dokumentator, siswa, guru dan sekolah yang menceritakan tentang kegiatan sehari yang sangat berarti dan membekas di hati semua orang yang terlibat di dalam hari Inspirasi tersebut.

8pameranki_POSTER lengkap
Poster rangkaian Acara

 

Tidak hanya memajang foto, dalam pameran ini panitia mendesain acara sedemikian rupa meriah untuk memperkenalkan kegiatan kelas inspirasi kepada masyarakat umum dan menarik minat pengunjung untuk ikut serta dalam kelas inspirasi Jakarta 5 di tahun depan. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang reuni atau bersilaturahmi kembali para relawan yang pernah ikut andil kelas inspirasi. Ada kegiatan hiburan dari Endah n Rhesa dan Travalgar serta dari para relawan yang pernah ikut andil di kelas inspirasi; Berfoto di Photobooth;  Menuliskan harapan di pohon harapan; Donasi buku dan alat tulis; donasi dan menulis postcard semangat untuk para siswa di beberapa lokasi penempatan Pengajar Muda dari Indonesia Mengajar; Talkshow dan Workshop Fotografi Bersama Arbain Rambey dan Komunitas Kamera Lubang Jarum; Talkshow mengenal lebih dekat dengan Kelas Inspirasi  yang menghadirkan para relawan yang terkenal di khalayak publik yang pernah menjadi relawan KI; Talkshow Parenting; Pengenalan Indonesia Mengajar kepada masyarakat umum; kids performace dari para siswa sekolah yang pernah dikunjungi Kelas Inspirasi; serta  Simulasi Kelas Inspirasi. Uniknya lagi para fotografer terpilih dan seluruh pengisi acara memperoleh cinderamata/ printart hasil karya para seniman  indie yang ingin memberikan apresiasi dan beberapa pengisi acara lain seperti endah n rhesa dan arbain rambey diberi another artwork dari kelas inspirasi berupa talenan yang di gambar wajah pengisi acara. Pameran ini dapat berlangsung berkat dukungan FX Mall, Globe Digital Imaging, Serta Net. TV dan KopiKeliling.com sebagai media partner.

9apameranki_
Ketika Bangku Sekolah ada di dalam Mall

 

Berita terkait bisa dilihat di :

http://kopikeliling.com/event/pameran-foto-kelas-ins pirasi-jakarta-4-pahlawan-sehari.html

http://indiejakarta.com/index.php/news/read/294#.VklNcnYrLFg

http://kelasinspirasijakarta.org/

http://print.kompas.com/galeri/foto/detail/2015/11/16/Pameran-Foto-Kelas-Inspirasi

 

 

One thought on “Saya dan Pameran Foto Kelas Inspirasi Jakarta 2015”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s