Apalah arti sebuah nama; DARMAGA

Bogor, 6 Mei 2014

What’s in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet.”
(Apalah arti sebuah nama? Andaikata kamu memberikan nama lain untuk bunga mawar, ia tetap akan berbau wangi)

Itulah pernyataan sang punjangga yang terkenal, William Shakespeare,

Sebagian lainya menyatakan bahwa nama adalah doa, dan saya adalah orang golongan yang kedua. Orang-orang yang begitu mempermasalahkan jika sebuah nama diganti, berarti itu mengganti makna yang semula. Karena nma adalah perwujudan harapan dan doa dari pemberi nama.

Ini seperti nama asrama tempat saya tinggal. Asrama Putri Darmaga. Salah satu asrama mahasiswi pasca TPB (Tingkat Persiapan Bersama/ smester1-2) di Institut Pertanian Bogor (IPB). Kampus ini (IPB, Sarjana) berada di daerah D-a-r-m-a-g-a, sebagian lagi bilang D-e-r-m-a-g-a, sebagian lainnya bilang D-r-a-m-a-g-a lah yang benar. Kebingungan tentang nama sekolah masa depanku pada waktu saya SMA, pernah saya rasakan. Sebenarnya nama yang benar apa sih?. Sampai TPB saya masih menggunakan nama D-r-a-m-a-g-a, ya karena sebagian besar plang-plang toko di jalan-jalan sekitar kampus menggunakan nama terebut sebagai tempat lokasi toko mereka berjualan. Tapi pada akhirnya saya mantap menggunakan nama Darmaga setelah saya masuk APD (Asrama Putri Darmaga).

Yap, DARMAGA. APD sudah berdiri sejak tahun 1983 yang sebelumnya bernama asrama putri kehutanan karena khusus untuk mahasiswi kehutanan. Hingga sampai pada tingkat atas alias smester-smester akhir saya semakin mantap menggunakan nama itu, karena sebagian besar dalam literatur skripsi yang saya peroleh juga menggunakan nama Darmana.

Dan beberapa bulan yang lalu, akhirnya saya mendapatkan bukti bahwa nama yang sebenarnya adalah Darmaga sesuai sejarah yang telah tercatat dalam foto dibawah ini. Foto ini di posting oleh seorang dosen FPIK.clip_image002

Tercatat pada 13 februari 1991, disebutkan bahwa DARMAGA, memiliki arti Silahkan Berkarya

Jadi, nggak akan ada keraguan lagi tentang nama DARMAGA. Karena sejarah sudah mencatatnya, seperti juga nama asramaku yang sesuai dengan sejarah yang tercatat.

Jadi, mulai sekarang jangan salah ketik lagi ya… nulis skripsi kan nggak boleh salah ketik…*(apasih nggak nyambung?! Efek status mahasiswa tingkat akhir).

 

– DARMAGA=SILAHKAN BERKARYA –

2 thoughts on “Apalah arti sebuah nama; DARMAGA”

Leave a Reply

