Eichornia crassipes; Tumbuhan Asli amazon menginvasi perairan Indonesia

1eceng gondok_Eichhornia crassipesEichornia crassipes nama ilmiahnya. Mungkin saja saat Ku sebutkan nama ilmiah ini masih sangat asing di telinga teman-teman. Namun, saat ku sebutkan Eceng gondok, tak asing lah pasti. Tumbuhan asli amazon Brazil ini merupakan invasive allien spesies. Ya, secara sederhana sih disebut gulma.. tapi tidak sesederhana kedengarannya. Keberadaan eceng gondok memiliki kemampuan berkompetisi dengan baik di wilayah baru dan mudah beradaptasi, kemampuan kompetisi yang tinggi ini membuat tumbuhan asli akan tersingkir karena kebutuhannya telah di ambil oleh eceng gondok.

Permasalahan lebih kompleks lagi ada pada sistem ekologi. Keberadaaan eceng gondok akan mengurangi kapasitas oksigen di air, sehingga kebutuhan oksigen hewan air akan berkurang, begitu pula cahaya matahari yang masuk ke dasar perairan juga akan berkurang. Multiplier effect lah pokoknya. Eceng gondok asli pesisir amazon ini di introduksi alias di bawa ke kebun raya bogor tahun 1886 sebagai tanaman hias di danau. Dalam waktu cepat menyebar ke seluruh Indonesia. Hampir semua perairan indonesia terinvasi dan hampir seluruh permukaan di rawa pening terinvasi oleh eceng gondok.

Nah, dari fenomena ini ada sikap yang bisa kita lakukan, yaitu memanfaatkannya. Ya. Memanfaatkan tumbuhan yang merajalela pertumbuhannya dan memberikan berbagai dampak negatif  memberikan dampak ekonomi. Eceng goondok bisa dipakai untuk Bahan baku berbagai kerajinan tangan.Yah, bisa dibilang cara ini adalah aplikasi dari kalimat

nasi sudah menjadi bubur dan tinggal bagaimana kita membuat bubur itu menjadi bubur spesial.

Sehingga pemanfaatan tumbuhan IAS alias Invasive allien species bisa menjadi solusi, bro.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s