Upaya Penyelamatan Orangutan Kalimantan

Oleh: Saqinah Nur Rahmawati

Tanpa mempedulikan jumlahnya atau pentingnya bagi manusia, bernilai ekonomi tinggi atau tidak, setiap spesies memiliki hak untuk hidup dan kelanjutan hidup setiap spesies harus dijamin karena semua spesies memiliki nilai intrinsik sesuai pandangan ekosentris (Deep ecology). Nilai intrinsik adalah nilai yang terkandung dalam sumberdaya (Fauzi, 2006). Nilai intirnsik sudah melekat secara alami dalam sumberdaya itu sendiri.

Pengertian Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, menurut UU No.50 Tahun 1990, adalah pengelolaan sumber daya alam hayati yang pemanfaatannya dilakukan secara bijaksana untuk menjamin kesinambungan persediaannya dengan tetap menjaga, memelihara, dan meningkatkan kualitas keanekaragaman dan nilainya. Salah satu keanekaragaman hayati Indonesia yang perlu diselamatkan melalui konservasi adalah Orangutan. Adanya gangguan yang dialami salah satu unsur berarti terganggunya seluruh ekosistem (Olivia, 2004), sehingga kelestarian pemanfaatan dikhawatirkan akan tergangu pula.

Untuk menanggulangi keterancaman punahnya Orangutan Kalimantan semenjak tahun 1960-an telah dilakukan program rehabilitasi Orangutan dengan tujuan utama untuk penambahan populasi serta peningkatan kualitas hidup Orangutan (Atmoko, 2007). Rehabilitasi adalah proses pengembalian hewan-hewan liar dari kehidupan tangkapan ke kehidupan liar dalam suatu lingkungan alami (Alikodra, 2010) Proyek-proyek rehabilitasi menjadi salah satu jalan keluar dalam menanggulangi keterancaman suatu spesies. Rehabiltasi pada prosesnya juga harus melakukan pendididkan konservasi dan upaya pelestarian dengan melibatkan masyrakat setempat dan secara meluas. Rehabilitasi dilakukan di daerah sebaran Orangutan Kalimantan, salah satunya Tanjung Puting, Kalimantan Tengah.

Selain melalui upaya rehabilitasi orangutan kalimantan, upaya pembuatan kebijakan-kebijakan untuk menjaga kelestarian orang utan kalimantan ini juga dibuat, serta upaya-upaya nyata seperti inventarisasi orangutan kalimantan secara berkala juga terus diupayakan untuk dilakukan untuk menjaga dan mengetahui langkah-lagkah yang harus dilakukan daam pegelolaan orangutan kalimantan agar mencapai kelestarian. (QQN)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s