Elegi menuju Esok (Rumah)

19 Juni 2013, Bogor

Esok mungkin akan menjadi maghrib yang akan dikenang dalam bulan puasa yang akan menjelang. Menyantap kenikmatan rizki dari Sang Maha Pengatur Rezki di tempat yang kurindukan kehangatannya. Esok aku puasa, dan esok pula aku harus pulang. Ya, pulang. Pulang untuk mengantaran kepergian. Tapi rasanya ku lebih tenang jika seperti itu. Mereka yang akan pergi dengan kepulangan ku juga sepertinya lebih baik seperti itu. Karena dari kata-kata yang terucap darinya. Ada rasa kepesimisan jika tetap tinggal. Ada rasa harapan jika jadinya pergi. Tak lagi menetap disini di tempat sekarang ini. Kebersamaan kemarin rasanya terlalu singkat. Bulan puasa akan menjelang. Dan aku akan berpetualang. Tapi mereka nanti tak lagi dekat. Walau sebenArnya sekarang jua seperti itu.  Ah. Berpetualang. Mimpiku semenjak aku ditkdirkan disini. Tiga tahun lalu. Saat ini Mimpi itu ada di di hadapan. Meminta di panggil dan di jemput menjadi kawan kenyataan.  Tapi satu hal ini yang  belum ku dapati jalan keluarnya. Hanya Tuhan yang tahu. Meminta kepada mereka yang akan pergi akan menambah kesakitan dalam hati yang menyeruak. Tak tega. Ku tahu akan kesakitan-kesakitan yang mereka rasa. Tapi sesungguhnya ku tak tahu dengan benar. Yang ku tahu dengan benar adanya adalah bahwa kesakitan itu melebihi dari kesakitan yang kubayangkan. andai bisa ku bawakan obat penawar kesakitan. Setidaknya mengurangi sekian persen penyakit yang menngerogoti. Tapi sayang nya tak bisa. Karena aku juga pada kesakitan yang sama. Walau ku tahu, kesakitanku ini baru stadium satu. Sedang mereka stadium empat di angkat enambelas, atau bahkan lebih. Saat ini, menuju esok, aku berada pada tenggat waktu untuk menentukan apa yang sulit ditentukan. Dan Penyakit ini terus bercampur baur saja. Menunggu waktu kematiannya. Kematian penyakit, atau kematian dari mimpi sang pemilik penyakit.

-saya-

Leave a Reply

