Beda Tempat, Beda Bahasan

Kemarin. 26 maret 2013.

Setelah berkutat dengan kuliah walau rasanya lebih banyak tidur ketimbang memperhatikan dosen, setelah isya adalah waktunya untuk berkontribusi di organisasi. Sengaja berangkat dari APD –Asrama Putri Dramaga tempat ku tinggal selama belajar di IPB– ke SC Korpus setengah jam lebih dari waktu yang dijadwalkan. Untungnya disemangati oleh teman-teman penghuni APD lain yang ingin kontribusi di luar juga sehingga berangkat bersama dengan beragam tema perbincangan selama perjalanan. Temanku salah satunya akan bertanding basket di Gymnasium yang letaknya tak jauh dari sekret korpus berada, satu lagi pergi untuk berlatih perkusi.

Sesampainya di Sekret Korpus, ternyata sudah penuh dengan kru korpus. Sekret korpus hanya berukuran kurang lebih 5 m x 5 m saat itu sudah dipenuhi sesak 25 orang didalamnya. Wow. Ini baru pertemuan yang bermanfaat. Diskusi dengan tema yang bener-bener menarik. Membuka wawasan dan memperluas pengetahuan. Ini yang ku rindukan. Nggak Cuma duduk rapat dan mendengarkan instruksi, tetapi kami berdiskusi. Membaca permasalaan dan fenomena yang ada di sekitar kita.

Seusai pertemuan diskusi korpus, ku bergegas menuruni tangga dan keluar dari Student Center (SC) tempat sekret korpus berada karena di luar sudah ada temanku yang menunggu untuk pulang bersama. Hasil pertandingannya tidak sesuai yang diharapkan, tapi tak apalah, ambil hikmahnya saja bahwa kita sudah memberikan yang terbaik. Beberapa langkah perjalanan meningalkan Student center, kami bertemu teman kami yang satunya lagi. Bahan pmbicaraan pun berubah dari hal yang serius di bahas dalam diskusi korpus barusan, menjadi pembicaraan khas para wanita (tahu lah kalau perempuan-perempuan udah berkumpul beberapa tema pembicaraan nggak jauh-jauh dari masalah asmara, percintaan, dan makhluk yang bernama laki-laki).

Perbincangan mengalir sampai tak terasa sudah berada di pelataran halaman APD. Waktu menunjukkan pukul 21.30 saat itu, dan kami baru menyadari kalau ternyata ada agenda rapat general kegiatan Open Reruitment (OR) dan Masa Perkenalan Asrama (MPA). Dengan tergesa-gesa kami memasuki forum dan kembali bersuara memberikan pendapa saran dan kritik bagi keberlangsungan kegiatan tersebut nantinya. Disini kami memberikan ide-ide dan pendapat bagi keberlangsungan pintu gerbang yang nantinya akan kami buat untuk menyambut penghuni baru di APD.

Rasanya hari itu bagiku adalah hari yang tidaklah sia-sia, karena mampu menyuarakan pemikiran yang ada dalam otak tercanggih ciptaan Allah ini. Walau memang masih belum terasah dengan baik. Ini yang kuinginkan untuk selanjutnya. Tak ada lagi menghindar dan kekecewaan karena pertemuan hanya berujung pada kesimpulan yang tak berkesimpulan. Pertemuan yang menurutku westing time karena tak langsung kepada penyelesaian masalah dan penyampaian pendapat secara lugas. Pertemuan yang bukan hanya suatu dikte untuk apa saja yang harus dilakukan dan apa saja yang tidak akan dilakukan. Pertemuan yang sifatnya hanya mengawang-awang. Pertemuan yang isinya sama untuk berkali-kali pertemuan dilakukan. Semoga dapat terus belajar untuk yang lebih baik, membuat segala pertemuan yang ku hadiri menjadi berarti karena adanya cara berpikir yang kumiliki dan untuk selalu membuka pikiran dan hati untuk menerima segala keputusan yang terbaik, dan terus berusaha serta belajar sekuat tenaga menjadi lebih baik dari waktu ke waktu. Beda Tempat, beda Bahasan, akan memperkaya pengetahuan ku. Thanks semuanya. Terimakasih buat dua teman yang mungkin nggak mereka sadari kalau mereka sudah menyemangatiku. Maklum lah, masih mudah terpengaruh. Semoga pengaruh-pengaruh baik yang ku ikuti. –POT-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s