Teens go green : AJANG KREASI 2011 “Art to Earth Without Styrofoam”

http://ajangkreasitgg.blogspot.com/

 

TEENS GO GREEN

Kembali mempersembahkan:

AJANG KREASI 2011

“Art to Earth Without Styrofoam”

18 Desember 2011

PENDAFTARAN GRATIS!!!!

REBUT TOTAL HADIA PULUHAN JUTA RUPIAH, MASUK ANCOL GRATIS dan KESEMPATAN MAKAN MALAM BERSAMA GUBERNUR DKI JAKARTA!!.

Download Formulir pendaftaran di sini : http://ajangkreasitgg.blogspot.com/

 

Latar Belakang

Teens Go Green (TGG) adalah klub pelajar tingkat menengah atas di DKI Jakarta yang dimotori oleh Yayasan KEHATI, PT. Pembangunan Jaya Ancol dan Dinas Pendidikan Propinsi DKI Jakarta. Program ini diluncurkan pada tanggal 1 Desember 2007 oleh Fauzi Bowo, Gubernur Propinsi DKI Jakarta.

 

Dalam program ini pelajar SMA dan SMK diberi pembekalan dan pengkayaan wawasan mengenai isu – isu lingkungan dan keanekaragaman hayati berdasarkan pendekatan ekosistem. Tujuan dari TGG adalah menciptakan komunitas pelajar yang bisa menjadi agen perubahan untuk menularkan “virus cinta lingkungan” kepada seluruh pelajar di Jakarta.

 

Berbagai kegiatan telah dilaksanakan sejak tahun 2010 – 2011. Kegiatan yang telah dilakukan sepanjang tahun 2010 antara lain:

1. Workshop Visioning

2. Peer Learning mengenai Ekosistem Laut, Ekosistem Kota dan Ekosistem Hutan

3. Ajang Kreasi Teens Go Green tahun 2010 dengan tema “Gaya Hidup Bebas Banjir”

 

Sementara di tahun 2011 kegiatan TGG meliputi:

1. Educamp Teens Go Green di Ciwaluh,Bogor

2. Educamp di Kepulauan Seribu

3. Pra Mubes

4. Kampanye public

5. Ajang Kreasi Teens Go Green tahun 2011 dengan tema “Art to Earth without Styrofoam”

 

Ajang Kreasi

Ajang Kreasi merupakan ritual tahunan yang dilakukan TGG di setiap penghujung tahun. Kegiatan ini berupa kompetisi antar sekolah maupun antar kelompok yang tergabung dalam TGG dan diluar TGG. Ajang Kreasi juga ditujukan untuk membangun sifat kompetisi secara positif dan menggalang kepedulian yang lebih luas terhadap isu – isu lingkungan.

 

Ajang Kreasi TGG tahun 2011 mengambil tema “Art to Earth without Styrofoam”. Tema ini dipilih untuk memberikan pengetahuan dan membangun kesadaran publik mengenai karya seni tanpa penggunaan styrofoam yang tiada henti hentinya.

 

Mengapa Styrofoam?

Styrofoam sejatinya merupakan nama merek dagang dari perusahaan Dow Mechanical. Namun istilah styrofoam sering diartikan sebagai nama jenis kemasan plastik. Kemasan plastik berbahan polimer ada berbagai macam yaitu Polietilen tereftalat (PET), Polirinil klorida (PVC), Polietilen (PE), Polipropilen (PP), Polistirena (PS), Polikarbonat (PC), dan melamin. Istilah Styrofoam yang akrab dengan kita, adalah jenis yang berbagan baku dari Polistirena. Secara ilmiah Styrofoam dikenal dengan nama polistirena foam (polystyrene).

 

Sangat mudah untuk menemukan Styrofoam di Jakarta. Mulai dari bahan pembungkus sayur dan ikan mentah di supermarket, mi instan, hingga sebagai kemasan makanan matang di warung kaki lima dan restoran. Bahkan kantin – kantin sekolah juga menggunakan Styrofoam sebagai wadah makanan yang dijajakan untuk pelajar. Tidak hanya itu penggunaan styrofoam sering kali disalah gunakan untuk menjadi peropery pendukung dengan mengatas namakan karya seni. Hal ini disebabkan karena styrofoam mudah dibentuk dan harganya yang ekonomis.

 

Bisa kita lihat penggunaan styrofoam semakin banyak, namun sebagian besar masyarakat belum menyadari dampak yang akan mengintai kita dan bumi. Kemasan plastik jenis polistirena sulit diurai secara biologic dan sulit didaur ulang sehingga tidak diminati oleh pemulung atau pihak – pihak yang berkreasi dengan produk daur ulang. Setidaknya dibutuhkan 1.000 tahun agar bumi bisa mendaur Styrofoam di tanah.

 

Bumi kita ini semakin tua dan banyak penduduknya, sedangkan styrofoam sudah siap untuk menyerang kita. Kita harus merubah kebiasaan buruk kita untuk penggunaan styrofoam, gunakanlah bahan-bahan lain yang ramah lingkungan dan dapat didaur ulang. Bersama sama secara perlahan membersihkan styrofoam dari bumi kita ini.

 

Mengapa Art ?

Melihat bahaya-bahaya di atas, komunitas Teens Go Green ingin menyampaikan bahaya styrofoam ke masyarakat umum melalui kegiatan Ajang Kreasi tahun ini. Seni sangat dekat dengan masyarakat, untuk itu kami menggunakan seni untuk mendorong generasi muda sebagai agen perubahan yang dapat menciptakan karya seni sebagai media kampanye yang lebih baik dan ramah lingkungan.

 

Tujuan

1. Memberikan penyadaran publik tentang bahaya penggunaan Styrofoam terhadap manusia dan alam

2. Menggalang dukungan public untuk menjadikan bumi terhindar dari styrofoam

3. Menciptakan karya seni tanpa pengunaan styrofoam

4. Mengajak masyarakat untuk membuat karya seni yang bernilai jual dengan bahan yang ramah lingkungan

5. Menggunakan karya seni sebagai media kampanye

 

Hasil yang diharapkan

1. Adanya partisipsi siswa setingkat SMA –SMK di Jakarta dan tingkat umum dalam Movie Contest Lomba Rally Foto , Lomba Opera Bumiku, Lomba Maskot TGG, Lomba Riset Styrofoam, Lomba Perca Idea.

2. Adanya partisipasi sekolah yang terlibat dalam program Teens Go Green dalam lomba kreasi daur ulang dan opera bumiku

3. Adanya kampanye publik dan daya tarik masyarakat terhadap seni dan lingkungan tanpa styrofoam

 

 

 

KOMPETISI AJANG KREASI 2011

1. Lomba movie contest untuk sekolah SMA dan SMK yang tergabung dalam program TGG, mahasiswa dan kalangan umum.

2. Lomba rally foto untuk sekolah SMA dan SMK yang tergabung dalam program TGG, mahasiswa dan kalangan umum.

3. Lomba opera bumiku untuk sekolah SMA dan SMK yang tergabung dalam program TGG (Peserta lomba adalah Grade Biru mewakili 3 kelompok Ekosistem (Hulu, Tengah, Hilir) periode 2011 dan Hijau Teens Go Green)

4. Lomba maskot TGG untuk sekolah SMA dan SMK yang tergabung dalam program TGG, mahasiswa dan kalangan umum.

5. Lomba riset styrofoam untuk sekolah SMA dan SMK yang tergabung dalam program TGG, mahasiswa dan kalangan umum.

6. Lomba perca idea untuk sekolah SMA dan SMK yang tergabung dalam program TGG.

 

KETENTUAN UMUM

1. Pendaftaran lomba akan dibuka pada Minggu, 30 Oktober 2011 – Rabu, 30 November 2011

2. Pendaftaran dilakukan dengan cara mengisi Formulir Pendaftaran Lomba.

3. Seluruh hasil karya menjadi hak milik panitia

4. Penilaian dilakukan oleh juri dan keputusan juri tidak bisa diganggu gugat

5. Pengumuman pemenang akan dilakukan pada Ajang Kreasi Teens Go Green pada tanggal 18 Desember 2010 di kawasan wisata Ancol ECOPARK

 

 

KETENTUAN KHUSUS

1. Movie Contest

a. Peserta lomba adalah tim sekolah SMA dan SMK se-JABODETABEK yang terlibat dalam program Teens Go Green, mahasiswa dan kalangan umum

b. Peserta dibagi berdasarkan 2 kategori : kategori pertama tim sekolah SMA dan SMK se-JABODETABEK dan kategori kedua mahasiswa/kalangan umum.

c. Satu tim movie maksimal beranggotakan 5 orang yang akan membuat movie mulai dari sinopsis, kesan ingin disampaikan credit title.

d. Movie bertemakan “Art to Earth without Styrofoam” dan bergenre apapun contoh: ( dokumenter, pictures, drama, komedi).

e. Calon peserta harus mengisi formulir pendaftaran yang tersedia dan mengirimkan kepada Panitia Ajang Kreasi 2011 paling lambat Rabu, 30 November 2011 via fax ke 021-7196131 atau email ke ajangkreasi.teensgogreen@gmail.com

f. Movie dikirimkan dalam format 3GP . Movie dapat dikirimkan ke Panitia Ajang Kreasi 2011 paling lambat Rabu, 30 November 2011 via email ajangkreasi.teensgogreen@gmail.com atau file dapat juga dicopy ke CD/DVD dan dikirimkan ke Sekertariat Panitia Ajang Kreasi 2011 paling lambat Rabu, 30 November 2011.

g. Durasi movie maksimal 2-5 menit.

h. Penilaian akan dilakukan dengan 3 tahap:

Tahap ke 1 :

Seluruh peserta akan di saring menjadi 10 movie yang terpilih yang akan di nilai oleh panitia. Waktu penyeleksian pada tanggal 1 Desember 2011 sampai tanggal 2 Desember 2011.

Tahap ke 2 :

10 movie terpilih akan di unggah oleh panitia dan dinilai oleh dewan juri

dengan proses penilaian sebagai berikut:

1). 25% melalui voting di facebook (fanpage Teens Go Green)

Priode voting pada tanggal 3 Desember 2011 sampai dengan 15 Desember 2011, pukul 20.00 WIB.

2). 75% melalui penilaianan juri pada hari H

CP Lomba Movie Contest :

ERRZA

Hp : 08990812054,

email : edrizalsaputra@yahoo.com

 

 

2. Lomba Rally Foto

a. Peserta lomba adalah pelajar setingkat SMA/SMK, Mahasiswa dan Umum

b. Calon peserta harus mengisi formulir pendaftaran yang tersedia dan mengirimkannya kepada Panitia Ajang Kreasi 2011 paling lambat Rabu, 30 November 2011 via fax ke 021-7196131 atau email ke ajangkreasi.teensgogreen@gmail.com

c. Lomba berlokasi di Ciliwung Condet (tentatif) dan berlangsung pada 4 Desember 2011.

d. Foto diserahkan berupa soft copy dalam format JPEG dengan resolusi minimal 300 dpi pada hari H pelaksanaan rally foto.

e. Jenis kamera bebas, foto hasil karya sendiri, orisinil dan bukan hasil rekayasa digital dengan menggabungkan 2 (dua) foto atau lebih, beserta unsur- unsur atau elemen foto lain ke dalam foto yang diikutsertakan dalam lomba.

f. Peserta diperbolehkan menggunakan lensa tambahan.

CP Lomba Lomba Rally:

Tata

Hp : 083877720612

Email : arintatata@yahoo.co.id

 

3. Lomba Opera Bumiku

a. Peserta lomba adalah Grade Biru mewakili 3 kelompok Ekosistem (Hulu, Tengah, Hilir) periode 2011 dan Hijau Teens Go Green

a. Calon peserta harus mengirimkan sinopsis opera yang akan dilombakan dan mengisi formulir pendaftaran yang tersedia dan mengirimkannya kepada Panitia Ajang Kreasi 2011 paling lambat Rabu, 30 November 2011 via email ke ajangkreasi.teensgogreen@gmail.com

b. Satu Tim terdiri dari 5-10 orang.

c. Cerita sesuai dengan tema “Art to Earth without Styrofoam”

d. Semua peserta wajib menampilkan opera yang berdurasi maksimal 15 menit di puncak acara Ajang Kreasi.

CP Lomba Opera Bumiku:

Syifa Fauziyyah

Hp : 085717651045

Email : syifafauziyyah48@yahoo.co.id

 

 

4. Lomba Maskot TGG

a. Peserta lomba adalah pelajar setingkat SMA/SMK, Mahasiswa dan Umum.

b. Calon peserta harus mengisi formulir pendaftaran yang tersedia dan mengirimkannya kepada Panitia Ajang Kreasi 2011 paling lambat Rabu, 30 November 2011 via fax ke 021-7196131 atau email ke ajangkreasi.teensgogreen@gmail.com

c. Peserta wajib mengirimkan design maskot berupa gambar berformat .JPG dengan resolusi 300 dpi paling lambat tanggal Rabu, 30 November 2011 dengan mencantumkan makna dari maskot dan sumber infomasi yang didapat.

d. Maskot yang dibuat harus sesuai dengan identitas Teens Go Green.

e. Peserta harus membuat kostum sebelum hari H yang sesuai dengan design yang telah dikirim. Kostum akan dipakai dan dipersentasikan pada hari pelaksanaan Ajang Kreasi 2011.

f. Bahan pembuatan maskot terbuat dari bahan yang ramah lingkungan, diutamakan bahan bekas.

g. Lima maskot yang terpilih akan mempersentasikan di panggung ajang kreasi

CP Lomba Maskot TGG

Paskal

Hp : 02192526674

Email : dininathasya@yuahoo.com

 

 

5. Lomba Riset Styrofoam

a. Peserta lomba adalah tim sekolah SMA dan SMK se-JABODETABEK yang terlibat dalam program Teens Go Green, mahasiswa dan kalangan umum

b. Peserta dibagi berdasarkan 2 kategori : kategori pertama tim sekolah SMA dan SMK se-JABODETABEK dan kategori kedua mahasiswa/kalangan umum.

c. Calon peserta harus mengisi formulir pendaftaran yang tersedia dan mengirimkannya kepada Panitia Ajang Kreasi 2011 paling lambat Rabu, 30 November 2011 via fax ke 021-7196131 atau email ke ajangkreasi.teensgogreen@gmail.com

d. Hasil riset dikirimkan berbentuk essay paling lambat Minggu, 11 Desember 2011 via fax ke 021-7196131 atau email ke ajangkreasi.teensgogreen@gmail.com untuk kemudian difisualisasikan pada hari pelaksanaan Ajang Kreasi 2011.

e. Hasil riset harus dapat dipertanggung jawabkan dan diwajibkan menuliskan informasi sumber (jika informasi didapat dari sumber lain).

CP Lomba riset styrofoam

Tiara

HP : 08990998411

Email :titiaraa@gmail.com

 

6. Lomba Perca Idea

a. Peserta lomba adalah tim sekolah SMA dan SMK di Propinsi DKI Jakarta yang terlibat dalam program Teens Go Green.

b. Material produk daur ulang berbahan dasar kain perca.

c. Calon peserta harus mengisi formulir pendaftaran yang tersedia dan mengirimkannya kepada Panitia Ajang Kreasi 2011 paling lambat Rabu, 30 November 2011 via fax ke 021-7196131 atau email ke ajangkreasi.teensgogreen@gmail.com

d. Bentuk kreasi produk daur ulang bebas dan harus memiliki nilai jual ekonomis. Harga dapat sekaligus dicantumkan pada produk.

e. Produk dibawa langsung pada saat pelaksanaan Ajang Kreasi 2011.

CP Lomba perca idea

Ella

Hp: 083899333193

Email : ela_uhuiii@rocketmail.com

 

 

PENYELENGGARA LOMBA

Kompetisi Ajang Kreasi 2011 diselenggarakan oleh Teens Go Green serta dukungan oleh PT Pembangunan Jaya Ancol, Dinas Pendidikan Propinsi DKI Jakarta, Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI), Universitas Bina Nusantara (BINUS), Rimbawan Muda Indonesia (RMI), Transformasi Hijau, dan Yayasan Terumbu Karang Indonesia (TERANGI).

 

Panitia Ajang Kreasi 2011

Contact person : Odie – 085695207792

Email : ajangkreasi.teensgogreen@gmail.com atau teensgogreen.jkt.@gmail.com

No Rekening Bank Mandiri : 070-00-0636862-0

Atas nama : Ratna Juwita/Putri Ayu Sholiha

Alamat Sekretariat :

Teens Go Green- Yayasan KEHATI

Jl. Bangka VIII No. 3 B, Pela Mampang, Jakarta Selatan 10702

http://www.facebook.com/#!/event.php?eid=195723370505284

AJANG KREASI TEENS GO GREEN

PENYELENGGARA LOMBA

 

Kompetisi Ajang Kreasi 2011 diselenggarakan oleh Teens Go Green didukung oleh PT Pembangunan Jaya Ancol, Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI), Universitas Bina Nusantara (BINUS), Rimbawan Muda Indonesia (RMI), Transformasi Hijau, dan Yayasan Terumbu Karang Indonesia (TERANGI).

 

Panitia Ajang Kreasi 2011

Contact person(Mengenai acara): Tgg – 085695207792

Email : ajangkreasi.teensgogreen@gmail.com atau teensgogreen.jkt@gmail.com

 

 

No. Rekening Bank Mandiri : 070-00-0636862-0 Atas nama : Ratna Juwita/Putri Ayu Sholiha

 

 

Alamat Sekretariat

 

Yayasan KEHATI u.p. Teens Go Green Jl. Bangka VIII No. 3 B, Pela Mampang, Jakarta Selatan 10702

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s