Kata Bapak

Beberapa kata dalam Bahasa Indonesia memiliki perkembangan makna, salah satunya ialah kata bapak.

Berdasarkan KBBI:

bapak /ba·pak/ n 1 orang tua laki-laki; ayah; 2 orang laki-laki yg dl pertalian kekeluargaan boleh dianggap sama dng ayah (spt saudara laki-laki ibu atau saudara laki-laki bapak): — kecil; — tiri; 3 orang yg dipandang sbg orang tua atau orang yg dihormati (spt guru, kepala kampung); 4 panggilan kpd orang laki-laki yg lebih tua dr yg memanggil; 5 orang yg menjadi pelindung (pemimpin, perintis jalan, dsb yg banyak penganutnya): Ki Hadjar Dewantara dipandang sbg — Pendidikan Nasional; 6 cak pejabat: biaya menghibur dan menjamu makan — dianggap mengurangi laba kotor perusahaan

Menurut badanbahasa.kemendikbud.go.id, kata bapak semula hanya digunakan untuk mengacu pada orang yang memiliki pertalian darah. Akan tetapi, sesuai dengan perkem­bangan dan pertumbuhan budaya masyarakat, kata itu mengalami perluasan makna, yaitu tidak hanya digu­nakan untuk menyebutkan orang-orang yang masih mempunyai hubungan kekerabatan sedarah, tetapi juga digunakan untuk menyapa bukan kerabat sebagai tanda hormat atau kede­katan orang yang disapa.

Kini, ku tak lagi dapat menggunakan kata bapak dalam arti yang sebenarnya, pada poin 1 dalam KBBI. Saat ini hanya perluasan makna kata bapak yang dapat ku gunakan.

Bapak telah tiada.

Daftar acuan

http://kbbi.web.id/bapak

http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/petunjuk_praktis/685

2 thoughts on “Kata Bapak

Leave a comment